` Portal Kecamatan Pamulang
20 November 2019
Breaking News

Temui Risma, Priyo Desak Mendagri Kaji Ulang Pemilihan Wawali Surabaya

Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini datang ke DPR RI untuk menemui Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso. Dalam pertemuan tersebut, Priyo berjanji untuk menindaklanjuti surat dari Panlih Wakil Wali Kota Surabaya dan meminta Mendagri tegas bila pemilihan tersebut terbukti cacat secara substansial dan prosedural.

"Beberapa hari lalu saya menerima tembusan surat dari Panlih DPRD Surabaya tentang proses pemilihan Wakil Wali Kota. Dan dalam perjalanannya, ada kontak dengan beliau (Risma), kita putuskan Risma bisa resmi ke DPR dengan saya di bagian dalam negeri dan hukum," kata Priyo usai bertemu Risma di ruang kerjanya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (20/2/2014).

Menurut Priyo di dalam surat yang ditanda tangani oleh Ketua, Wakil Ketua, dan Sekretaris Panlih tersebut, proses pemilihan Wakil Wali Kota Surabaya cacat secara prosedural dan substansial. Wakil Wali Kota Wisnu Sakti Buana sendiri sudah dilantik.

"Surat dan penjelasan dari Bu Risma yang merasa tidak nyaman dapat disimpulkan ada sesuatu yang perlu diklarifikasi. Saya akan anjurkan Kemendagri untuk tidak ragu-ragu mengkoreksi kalau dipandang cacat prosedur dan cacat substansial," kata politikus Golkar ini.

Priyo meminta Mendagri harus tegas dalam menyikapi persoalan ini. Bila proses pemilihan Wakil Wali Kota Surabaya memang cacat secara prosedural dan substansial, Mendagri harus berani membatalkan keputusan pelantikannya.

"Jadi kalau menurut kajian tim hukum Kemendagri memang ada cacat, Mendagri jangan ragu-ragu mengkoreksi dan membatalkan keputusan tersebut," kata Priyo.